Lihat Kapasitas Venue...
Ketika para "brides and grooms to be" memilih wedding venue untuk acara nya, sebaiknya cari venue dengan kapasitas yang sesuai dengan jumlah undangan lo.. Jangan sampe venue nya terlalu kecil sedangkan jumlah undangan lo buanyaaakkk, yang ada nanti tu venue bakalan jadi penuh alias sumpek.. pek.. pek.. Tapi juga jangan sampe venue nya terlalu besar sedangkan jumlah undangan lo gak terlalu banyak, yang ada malah kesan nya acara lo gak laku karena sepi dari tamu...
Biasanya jumlah tamu yang dateng itu 70% sampe 80% dari jumlah undangan elo dikali 2.. hahaha ngerti gak sama bahasa gue tuh xixixixi...
Misalnya gini : lo sebar undangan 500 buah,, perkiraan tamu yang hadir itu adalah (80% x 500) x 2 = 800 orang
kenapa dikali 2?? soalnya jarang banget orang dateng ke acara nikahan itu dateng nya sendiri,, rata2 bawa pasangan, or bawa temen or bawa keluarga nya,, (note : tidak berlaku bagi yang jomblo & gak punya temen hehehe)
Lihat Lokasi Venue...
Kalo bisa cari venue yang strategis, yang deket sama tempat tinggal or tempat kerja lo atau at least orang gak susah laahh cari2 alamat tu venue... Karena lokasi venue yang strategis atau enggak, bakalan berpengaruh ke jumlah tamu yang hadir di acara lo... so, kalo pengen banyak yang dateng, pilih venue yang mudah dijangkau..
Sesuaikan Dengan Budget...
Yang ini penting juga niiih,, kalo misalkan lo nemu venue yang ok tapi gak sesuai budget lo, mendingan cari alternatif venue lain yang gak kalah ok tapi harga nya lebih terjangkau... karena setau gue harga veue ini juga berpengaruh ke harga2 vendor lainnya... Biasanya hampir setiap wedding venue itu punya standar minimum harga untuk vendor2 lainnya yang akan terlibat di acara wedding tersebut..
Contohnya gini : Venue 1 dengan harga sewa diatas 20 juta menetapkan harga catering per porsi minimal 70rb... Venue 2 dengan harga sewa dibawah 20 juta menetapkan harga catering per porsi minimal 50rb... Jadi misalkan lo pake catering X di venue 1 yaa si catering itu akan men-charge harga minimum 70rb ituu (walopun dengan menu yang sama di venue 2 si catering itu dihargai 50rb per porsi nya),, karena semakin mahal venue yang lo pilih (harusnya sih semakin mewah juga),, si catering ini akan menyesuaikan dekorasi catering nya dengan interior venue tersebut (yang tentunya semakin mewah juga),, begitu juga dengan vendor lainnya seperti dekorasi, entertainment, dll. Juga dengan mempertimbangkan, biasanya semakin mahal venue nya, semakin mahal juga charge yang harus dibayar vendor2 ini ke venue tersebut. CMIIW
Perhatikan Fasilitas Venue...
Fasilitas yang berkaitan misalnya adalah kapasitas listrik yang bisa dipake untuk acara wedding tsb, sesuaikan dengan kebutuhan vendor2 lain nya seperti sound system, entertainment, dekorasi, dsb. tanya juga antisipasi kalo tiba2 di tengah acara listrik nya turun / mati lampu, si venue ini punya genset (bener gak nih tulisan nya) atau enggak,, kalo punya, kira2 berapa lama waktu yang dibutuhkan buat menghidupkan si listrik itu dari listrik mati sampe si genset hidup...
Liat juga kapasitas parkiran venue tersebut, memadai gak untuk jumlah tamu lo..
Kalo ruangan yang dipake untuk resepsi nya terletak bukan di lantai dasar, liat juga tu venue punya escalator or elevator gak,, kalo misalkan ruang resepsi ada di lantai 4 sedangkan di venue itu cuma ada tangga, haiiss kebayang tu tamu2 pas sampe atas muka nya udah kaya apa hahaha...
Perhatikan Ruangan Pendukung...
Cari tau dimana ruang make up nya, jumlah nya ada berapa, besar atau enggak...
Cari tau letak toilet untuk tamu adanya dimana...
Cari tau juga dapur untuk si catering nya ada dimana...
Tanya Peraturan dan Ketentuan Pemakaian Venue...
Terkadang ada venue2 tertentu yang mewajibkan calon pengantin memakai vendor2 yang hanya jadi rekanan mereka,, ada juga yang ngebolehin vendor yang bukan rekanan untuk ikut serta tapi dengan extra charge lagi... naaahh ini nanti nya juga akan berpengaruh ke pemilihan vendor2 lainnya seperti catering, dekorasi, music, dll
Tanya juga jangka waktu pemakaian venue berapa lama & memungkinkan gak untuk nambah extra time kalo misalnya acara wedding lo berlangsung cukup lama,,, soalnya suka ada juga tuh venue yang dengan kejam nya langsung bersih2 walaupun tamu nya masih ada (gak sedikit) karena jam pemakaian venue udah abis hehehe...
hmm... selebihnya apalagi yaahh hehehe itu aja dulu kali yaa yang ada di pikiran gue sih, kalo ada yang lain silahkan ditambahin dengan senang hati bakalan gue baca, hehehe...
See yaa on the next post...
No comments:
Post a Comment